Sabtu, 16 Mei 2009

Geliat Depag Solok Selatan di 4 Tahun Otonominya


Tiga Belas Madrasah di Sumbar Dinegerikan
Empat untuk Solok Selatan

Solok Selatan. Perhatian Pemda Kabupaten Solok Selatan untuk kemajuan sarana dan prasarana pendidikan bidang keagamaan, khususnya ketika Solok Selatan dipimpin Bupati Drs. H. Syafrizal J. M. Si dan Wakil Bupati Drs. H. Nurfirmanwansyah, Apt, MM, menurut Kakandepag Solok Selatan Drs. H. Kardinal, N. MM sudah membuahkan hasil yang membawa perubahan untuk kemajuan intelektual yang agamais di Ranah Sarantau Sasurambi.

Untuk 13 sekolah madrasah yang mendapat penegerian dari Pemerintah Pusat melalui Menteri Agama RI di Sumatera Barat, empat diantaranya adalah untuk Kabupaten Solok Selatan. Dari empat madrasah yang akan dinegerikan tersebut, dua diantaranya sudah keluar Surat Keputusan (SK) yaitu Madarasyah Ibtidaiyah Swasta (MIS) Lubuk Malako dan MIS Pekonina.

Sedangkan dua lagi yang bakal turun Surat Keputusan (SK) penegeriannya adalah untuk MAS Sangir dan MT.S Swasta Pakan Rabaa Kecamatan KPGD. Kedepan masalah ketersediaan sarana pendidikan bidang keagaan sudah boleh dikatakan mencukupi.

Upaya memajukan pendidikan keagamaan di Solok Selatan yang telah ada saat kini, bukan tidak ada dukungan dan perhatian masyarakat serta pemerhati pendidikan bidang keagamaan. Hanya saja, kedepannya masih perlu untuk ditingkatkan, agar tujuan lahirnya generasi yang islami di Solok Selatan akan dapat terealisasi.
Dukungan dari berbagai pihak, menurut Kardinal yang didampingi Kasub TU H. Amril, S.Ag, MM dan Kasi Mapendais H. Zulkifli, S.Ag, MM karena sesuai dengan KMA nomor 38 tahun 2005, Depag Solok Selatan baru tipe 3A. Jadi tipologi kantor Depag Solok Selatan saat kini ada dua urusan yang diurus oleh satu Kepala Seksi. Konsekwensinya anggaran dana untuk Depag Solok Selatan saat kinipun tentu sangat kecil pula sesuai dengan tipenya.Afrizal Amir

Tidak ada komentar:

Posting Komentar