Sabtu, 16 Mei 2009

Berita Pendidikan Solok Selatan Mei 2009


Padang Aro,


Pembangunan pisik sarana pendidikan keagamaan di Solok Selatan dengan dukungan dan partisipasi masyarakat secara lansung, setiap kurun waktu tak menentu selalu saja ada. Diberbagai pelosok nagari di Solok Selatan, ada saja keinginan kelompok masyarakat untuk mendirikan sekolah agama. Hal ini tentu saja dapat dijadikan prestise tersendiri bagi masyarakat di Bumi Sarantau Sasurambi. Jika memang tujuan adanya lembaga pendidikan keagamaan itu, dapat bermamfaat untuk pertumbuhan generasi yang berilmu dimasa datang.

Ungkapan tersebut disampaikan Kakandepag Solok Selatan Drs. H. Kardinal, N, MM didampingi Kasi Mapendais H. Zulkifli, S.Ag, MM selesai melakukan peletakan batu pertama pembangunan MIS. Swasta Plus Pasthabaitul Khairad Gaduang Nagari Lubuk Gadang Timur Kamis minggu lalu. Hadir pada acara peletakan batu pertama pembangunan tersebut, kata Kardinal diantaranya Wali Nagari Efrizal, Ketua Komite Sekolah Tan Amir Kali Panai, dan Kepala Sekolah MIS Plus Pasthabaitul Khairad Emda Yusra, S.Pd..

Pembangunan yang direncanakan untuk 3 lokal tersebut dikatakan Dewan Pengelolah Pembangunan H. Zulkifli, S.Ag, MM telah menganggarkan dana sebesar 60 juta. Dana tersebut semuanya murni swadaya dari masyarakat. Sedangkan jumlah murid sekolah tersebut saat kini baru berjumlah 55 orang, yang terdiri dari kelas I dan II. Menjelang selesainya pembangunan tersebut, anak-anak melakukan PBM di bekas Kantor Desa Sungai Aro Sangir, demikian Zul. AA

Sungai Pagu,


Sesuai dengan Visi “ Unggul Dalam Prestasi, Berbudaya dan Berakhlak “, menjadikan pengelolah pendidikan SMP Negeri I Solok Selatan, bersama-sama dengan Dewan Komite Sekolah serta berbagai elemen masyarakat di Kecamatan Sungai Pagu berupaya untuk tetap konsiten dalam melaksanakan kegiatan pendidikan tersebut dengan menciptakan kebersamaan.

Harapan tersebut disampaikan Kepala SMP Negeri I Solok Selatan Drs. Neldison pada acara perpisahan anak-anak kelas III, Kepala Sekolah Lama (Erman Efendi), dan mejelis guru dilapangan sekolah tersebut Rabu minggu lalu. Hadir pada acara perspisahan itu, Sekretaris Dinas Pendidikan Solok Selatan Drs. Nasmeri, MM, Kepala Rutan Muara Labuh Jasrial, Ketua Komite SMP Negeri I Solok Selatan Syaiful Rajo Bangkeh, seluruh siswa sekolah tersebut dan para orang tua murid kelas III.

Ditambahkan Neldison, bahwa ketersediaan sarana dan prasarana tidak bisa serta merta menghasilkan mutu pendidikan yang baik dan berkualitas, jika tidak dikelolah dengan baik pula. Bahkan kerjasama dan saling dukung mendukung untuk suatu proses kegiatan pendidikan sangat menjadi kunci utama suatu keberhasilnya. Sehinga tujuan dan harapan dari hasil proses pendidikan yang bermutu tersebut akan dapat terwujud.

Upaya itu, menurut Drs. Neldison agar tujuan dan harapan tuntas capaian pendidikan yang susuai kurikulum berstandar Nasional disekolah tersebut, betul-betul tepat guna untuk kelansungan pendidikan lulusan sekolah ini kejenjang pendidikan berikutnya.

Tidak itu saja, melahirkan generasi yang berbudaya dan berakhlak yang baik yang menjadi tantangan yang cukup berat, tantangan kemajuan zaman, dan lokasi sekolah yang bertepatan dipusat Kota Muara Labuh juga suatu hal yang menjadi tugas berat kita semua untuk menghindari efek negatifnya.

Sekolah yang punya murid 600 orang dan yang mengikuti Ujian Akhir Sekolah tahun ini sebanyak 198 orang, kata Neldison baru punya guru sebanyak 40 orang, 12 diantaranya baru yang bersertifikasi, sedangkan 7 orang guru saat ini sedang proses untuk sertifikasi. Semoga saja, melalui pembenahan dan penyempurnaan berbagai kebutuhan sekolah ini akan betul-betul mampu menjadikan sekolah ini punya murid yang berprestasi ditingkat pendidikan berikutnya.

Salah satu bukti dari kerjasama yang baik, antara guru maupun dengan berbagai lapisan masyarakat, baru-baru ini sekolah ini berhasil meraih berbagai juara pada lomba Olimpiade Sains tingkat Kabupaten Solok Selatan. Tidak dibidang disiplin ilmu saja, dibidang olahraga, sekolah ini juga sudah berbuat dan meraih berbagai prestasi, demikian Neldison. AA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar