Senin, 23 Februari 2009

Solok Selatan Buat Kelas Jauh SMA di Talao

Solok Selatan,

Guna menyeimbangi kebutuhan pendidikan dengan kondisi perekonomian saat sekarang, Pemda Solok Selatan berupaya untuk memberikan kemudahan untuk mendapatkan pendidikan bagi seluruh anak usia sekolah di Solok Selatan, khususnya di daerah sulit.

Sebagaimana yang dituturkan oleh Kadis Pendidikan Solok Selatan Fidel Efendi, S.Pd, MM kepada Wartawan Senin (23/2) di Padang Aro, pihaknya untuk tahun ajaran 2009/2010 akan membuak kelas jauh untuk tingkat SMA di Talao Kecamatan Sangir Balai Janggo.

Upaya ini, tambah Fidel adalah dalam rangka memberikan kemudahan dan kesempatan untuk anak usia sekolah SMA di daerah tersebut. Dimana selama ini, mereka harus pergi sekolah keluar kecamatan. Bisa jadi alasan untuk menyekolahkan anak-anak mereka keluar dari Solok Selatan, selain jarak sekolah dengan tempat tinggal yang cukup jauh.

Kondisi dilapangan yang dinilai cukup beresiko untuk pulang pergi ke sekolah dan masalah sarana transportasi sehari-hari yang juga sangat terbatas. Maka para orang tua murid yang mayoritas adalah pegawai di PT TKA terpaksa untuk menyekolahkan anknya ke Bandung, Medan, Jambi dan Padang.

Bernagkat dari itulah, maka Pemda Solok Selatan melalui Dinas Pendidikan Solok Selatan akan melakukan uji coba kelas jauh untuk SMA. Adapun filial dari kelas jauh sekolah tersebut adalah SMA N 2 Solok Selatan. Langkah pertama yang bakal dilakukan pihak Disdik adalah memberikan wewenang kepada pengelolah pendidikan di SMA N 2 Solok Selatan untuk mengurus kelas SMA di Talao, dan untuk proses Belajar Mengajarnya dilaksanakan di SMP TKA. Adapun tenaga pengajar, kata Fidel adalah menggunakan tenaga pengajar SMP TKA dan ditambah dengan tenaga pengajar SMA N 2 Solok Selatan.

Jika saja program ini nantiknya berhasil, maka pihaknya akan membuka pula kelas jauh untuk tingkat SMP diberbagai daerah terpencil di Solok Selatan. Di Nagari Talao, setidaknya ada dua SMP, yakni SMP N 20 satu atap dan SMP TKA yang merupakan sekolah yang didirikan yayasan perusahaan perkebunan kelapa sawit dan produsen Crude Palm Oil (CPO) atau sekolah miliki yayasan PT. Tidar Kerinci Agung (TKA). SMP N 20 satu atap baru berjalan dua tahun ajaran sekolah, sedangkan SMP TKA tahun ajaran 2008/2009 memiliki siswa kelas tiga sebanyak 64 siswa. Hingga saat ini, di Solok Selatan telah memiliki 7 SMA yang tersebar di 6 kecamatan, kecuali Kecamatan Sangir Balai Janggo (SBJ) dan untuk Sekolah Menengah Kejuaran (SMK) berjumlah 5 unit yang juga tersebar di lima kecamatan.405

Tidak ada komentar:

Posting Komentar