Senin, 16 Februari 2009

Pembentukan Forum Paud Solsel

Tumbuh suburnya lembaga Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) diberbagai pelosok nagari di Solok Selatan saat sekarang, hendaknya dapat dipertahankan keberadaan. Upaya tersebut tentu saja memerlukan keseriusan dan ketabahan pengelolah PAUD beserta pendidik untuk tetap melakukan aktifitasnya.

Tuntutan untuk keberadaan Paud sebagai bahagian dari pendidikan dasar secara nasional telah digalakan dan dilakukan. Untuk itu, khusus di Solok Selatan, keberadaan Paud menurut Ketua Himpaudi Solok Selatan Hj. Susnilawati Syafrizal, S.Sos juga diharapkan semangkin berkembang dan bertahan.

Uangkapan itu dikatakan Ny. Sus Syafrizal ketika memberikan sambutan, sebelum pembentukan Forum Paud Solok Selatan di Padang Aro Senin (16/2). Hadir pada pembentukan Forum Paud tersebut, Kadis Pendidikan Solok Selatan Fidel Efendi, S.Pd, MM, Kabag Humas Pemda Solok Selatan Basrial, SE, Ketua STIE Widyaswara Syamsurizal, S.IP, SE, MM, pengelolah dan pendidikan Paud se Solok Selatan serta para pemerhati pendidikan se-Solok Selatan.

Keberadaan dan kelansungan pendidikan Paud, menurut Sus, diakaui sangat membutuhkan dukungan dana yang cukup. Namun oleh pengelolah kebertahanan Paud jangan hanya ketika ada dana rintisan saja.. Seyogyanya, keberadaan lembaga pendidikan Paud sebagai penididikan non formal, sudah barang tentu sangat membutuhkan partisipasi dan dukungan dana dari pihak terkait lainnya yang tidak mengikat.

Untuk itu, keberadaan Forum Paud ini nantinya akan dapat menjadi salah satu jalur untuk bisa lebih menggairahkan dan mempertahanakan keberadaan lembaga pendidikan Paud yang ada di Solok Selatan.

Sementara itu Kadis Pendidikan Solok Selatan Fidel Efendi dalam sambutannya menjelaskan sesuai dengan data saat sekarang ini jumlah Paud di Solok Selatan dengan murid sebanyak lebih kurang 1500 orang telah ada sebanyak 77 Paud. Semua itu baru didukung oleh 240 orang tenaga pendidik. Selain itu, masih banyak juga yang saat sekarang sedang mengurus izin operasional Paud untuk berbagai jorong di Solok Selatan.

Tumbuh dan berkembangnya lembaga pendidikan Paud dio Solok Selatan, menurut Fidel Efendi tidak terlepas dari peran serta berbagai unsur dan elemen masyarakat. Yang tidak kala penting berkembangnya Paud, adalah berkat peran serta dan motivasi dari para pengurus TP PKK Kabupaten, Kecamatan hingga ke Nagari.

Sehingga Paud-Paud saat sekarang ada disetiap pelosok jorong di Solok Selatan ini. Untuk itu, atas nama Pemda Solok Selatan, Fidel Efendi mengucapkan salut dan terimakasih kepada semua pihak yang telah mau berkorban dan memberi motivasi untuk berdirinya Paud di kabupaten yang baru mekar ini.

Hasil dari tahapan musyawarah Forum, akhirnya terpilih Hj. Susnilawati Syafrizal S.Sos sebagai ketua, Hj. Sri Asminarti Adril dan Hamdinas, Ama.Pd sebagai Wakil Ketua I dan II. Sementara itu, untuk Sekretaris dan Wakil Sekretaris dipercayakan kepada Ermiwati, S.Pd dan Suryani Augusti dan Bendahara Surtina, Ama.Pd.

Sedangkan sebagai Pelindung Forum Paud adalah Bupati Solok Selatan dan Pengarah terdiri dari Ketua Komisi B DPRD, Kadis Pendidikan, Kadis Sosnakertrans, Kadis Kesehatan, Kepala BPMPR & KB serta Kakandepag Solok Selatan.

Pengurus inti organisasi Forum Paud tersebut juga didukung oleh Bidang Organisasi dan kemitraaan, diantaranya : Koordinator Organisasi/Kemitraan dr. Deni Arisandi dengan anggota , H Edison, B.Sc (Pengusaha), Hj. Hernita Roza (BPMPR & KB), Ny. Reno Azwar Hijar (DWP).

Sementara itu Koordinator Bidang Pendidikan & Pengembangan dipercayakan kepada Bustanis, S.Pd (Pengawas PLS Paud Duo), dengan anggota Rosmiati (Aisyah), Ny.Yusmanifah Bakri (GOW), Jaidin Bakri, Ama.Pd (UPTD SBH). sedangkan Koordinator Data/Inforkom diamanahkan kepada Ronadi, S.Pd, MM ( Disdik), dengan anggota Afrizal Amir (Pers), Nurmansyah, S.Pd (UPTD KPGD) dan Amril, Ama,Pd (Pengaws PLS SBJ).405

Tidak ada komentar:

Posting Komentar