Sabtu, 04 April 2009

Serba Serbi Pemilu Solok Selatan 2009

Fokus Utama

Pemilu 2009 Kunci Sukses
Kegiatan Pembangunan Solok Selatan Dimasa Datang
==================================

Sarantau Sasurambi, Medio April 2009
Ketua DPRD Solsel H. Khairunas, SIP

Padang Aro, Seharusnya pelaksanaan Pesta Demokrasi Rakyat Indonesia tahun 2009 ini lebih baik dari pelaksanaan tahun sebelumnya. Karena mekanisme pemilu dan berbagai peraturan untuk pelaksanaannya sudah ditetapkan satu tahun sebelumnya.

Untuk itu, pelaksanaan Pemilu tahun ini, khususnya di Kabupaten Sarantau Sasurambi ini, harus lebih baik dari tahun tahun sebelumnya. Alasan ini menurut Ketua DPRD Solok Selatan H. Khairunas, SIP, juga karena dana untuk kegiatan tersebut telah dianggarkan meski pengucurannya terlambat.

Secara lembaga, pelaksanaan Pemilu tahun ini, menurut Khairunas, ia bersama dengan anggota DPRD lainnya telah memberikan dukungan bersama-sama dengan Pemda Solok Selatan untuk kesuksesan Pemilu tahun ini. Dukungan bersama Pemerintah tersebut, adalah menyetujui usulan untuk pemberian dukungan kegiatan opersional Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Solok Selatan selama melaksanakan tahapan Pemilu tahun ini. Secara pasti sesuai Undang-Undangan dukungan dana untuk pelaksanaan Pemilu tersebut telah diatur dan ditetapkan mekanismenya.

Tinggal sekarang, kita mengharapkan KPUD Solok Selatan selaku pelaksana Pemilu dapat melaksanakan serangkaian tahapan pemilu tersebut sesuai dengan jadwal dan tetap mengacu pada perundang-undangan yang berlaku. Sehingga waktu yang sedikit dan kucuran dana yang terlambat tidak menjadikan pelaksanaan Pemilu tahun ini terkendala. Kata kunci dikatakan Khairunas, jangan jadikan terlambatnya kuncuran dana membuat kegagalan KPUD dalam melaksanakan tahapan pemilu.

Khusus kepada seluruh masyarakat Solok Selatan, Khairunas, mengimbau dan mengajak untuk dapat melaksanakaan haknya pada pemilu 9 April tahuh ini. Karena Pemilihan Umum ini merupakan hak azazi rakyat dalam berpemerintahan demokrasi yang telah diakui dunia.

Kesempatan itu, Khairunas juga meminta proaktif KPUD dengan sisa waktu yang realatif singkat ini untuk menyelesaikan masalah Daftar Pemilih Tetap (DPT) yang terjadi dibeberapa daerah di Solok Selatn, yang terjadi di daerah Tandai Sangir. Afrizal Amir

Sarantau Sasurambi, Medio April 2009
Bupati Solok Selatan Drs. H. YSafrizal. J. M.Si

Padang Aro, Secara umum Pemda Solok Selatan telah memberikan dukungan untuk kesuksesan Pemilihan Umum (Pemilu) 9 April 2009 ini. Mulai dari dukungan untuk operasional KPUD hingga kepenyediaan kendaraan untuk masyarakat yang berada didaerah terisolir untuk mempergunakan haknya pada pesta demokrasi.

Tinggal sekarang, Bupati Solok Selatan Drs. H. Syafrizal. J. M.Si minta seluruh masyarakat agar dapat mempergunakan hak pilihnya pada Pemilu 9 April tahun ini. Dikesempatan itu, Syafrizal juga berpesan kepada masyarakat agar bisa menciptakan Pemilu tahun ini sebagai Pemilu Badunsanak, mulai saat sosialisasi calon anggota legislative pada masa kampanye, hingga selesainya pemilu tahun ini.

Jangan adapula masyarakat yang terkotak-kotak, akibat dari salahnya kita dalam mengartikan pelaksanaan Pemilu itu sendiri. Pemilu 9 April 2009 yang akan mengantarkan wakil-wakil rakyat untuk duduk di DPRD Solok Selatan nantinya betul-betul wakil yang akan bisa memperjuangkan aspirasi masyarakat.

Dan jangan jadikan pemilu tahun ini untuk perbedaan saat mengusung wakil rakyat untuk DPRD Kabupaten/ Propinsi, DPR-Ri dan DPD-RI. Untuk pengamanan, kata Syafrizal, Pemda Solok Selatan telah mendapat dukungan pengamanan dari personil TNI dan Polri.

Pesta demokrasi bagi rakyat Indonesia yang dilaksanakan sekali lima tahun ini merupakan momentum yang sangat penting dan strategis untuk kelangsungan kehidupan masyarakat dalam ber-Bangsa dan ber-Negara. Karena dengan ikut sertanya seluruh masyarakat yang telah wajib pilih pada tanggal 9 April 2009 ke TPS-TPS yang telahg disediakan oleh pelaksana Pemilu tersebut, menurut Syafrizal J, kita akan mempertaruhkan nasib bangsa 5 tahun kedepan. Kita tahu bahwa Legislatif adalah unsur Pemerintahan yang memiliki kewenangan bersama Pemerintah dalam mengambil berbagai kebijakan di Negara Republik Indonesia ini.

Untuk itu Syafrizal berharap kepada semua masyarakat yang sudah wajib pilih dan sebagai warga Negara yang baik, agar dapat menggunakan hak pilihnya dengan datang ke TPS-TPS yang sudah ditentukan pada pemilihan Umum 9 April 2009 tersebut, dan janganlah ada pemikiran untuk menjadi golongan putih yang berarti wajib pilih tidak menggunakan hak pilihnya dalam menentukan kebijakan Negara Republik Indonesia, demikian Syafrizal.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Solok Selatan Isyuliardi Maas, SE pada suatu kesempatan kepada Sarantau Sasurambi menyikapi kondisi cuaca akhir-akhir ini sering turun hujan, agar proses pelaksanaan Pemilu Tahun 2009 di Tempat Pemungutan Suara (TPS) dibeberapa daerah yang dianggap rawan banjir jika hujan turun, tetap lancar. Maka pihak Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Solok Selatan telah mengatisipasinya dengan memindahkan TPS tersebut ketempat yang dianggap aman banjir atau ketempat yang lebih tinggi.

Dari pemetaan sementara menurut Isyuliardi Maas, ada beberapa daerah di Solok Selatan yang lokasi TPS-nya saat ini termasuk darah yang sering dilanda banjir. Adapun daerah yang selama ini sering dilanda banjir dan kebetulan dilokasi tersebut ada TPS yaitu di Jorong Sungai Sungkai Nagari Sungai Kunyit Kecamatan Balai Janggo, di Jorong Kampung Terandam Nagari Pasar Muara Labuh Kecamatan Sungai Pagu.

Dibeberapa daerah yang jika lokasi TPS-nya termasuk rawan banjir, Isyuliardi Maas juga menyarankan kepada petugas TPS dengan berkoordinasi dengan pihak Panitita Pemungutan Suara (PPS) dan Panitita Pemilihan Kecamatan (PPK) daerah setempat, untuk memindahkan lokasi TPS ketempat yang lebih aman dari banjir. Sehingga pelaksanan pemilihan anggota legislatif tahun ini berjalan lancar.

Sementara itu untuk keamanan dan kesuksesan pelaksanaan Pemilu Legislatif tahun ini, pihak KPUD juga telah mendapat dukungan dari pihak TNI maupun Polri. Hal itu terungkap dari Dandim 0309 Solok Yoyo. S kepada Sarantau Sasurambi saat mendampingi Bupati dan Ketua DPRD Solok Selatan ke Muara Labuh baru-baru ini.

Sementara itu Kapolres Solok Selatan AKBP Jondrial SIP pada saat Loncing Kampanye Damai di Solok Selatan baru-baru ini dalam sambutannya menjelaskan, Pemilhan Umum adalah sarana untuk mewujudkan kedaulatan rakyat dalam Negara kesatuan Republik Indonesia yang berdasarkan Pancasila, sebagaimana yang diamanatkan dalam Undang-Undang Dasar 1945. Pada intinya Penyelenggaraan pemilu ini bertujuan untuk memilih wakil-wakil rakyat dan memilih presiden dan wakil presiden. Dimana nantinya hasil pilihan rakyat itulah, yang akan memimpin Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Agar pemilu tersebut dapat diselenggarakan dengan aman, tertib dan lancar sesuai dengan perundangan yang berlaku, maka diperlukan kerja sama yang sinergis seluruh komponen yang terlibat dalam pemilu 2009, baik melalui pertemuan informal maupun pertemuan formal.

Untuk mengamankan pelaksanaan pemilu 2009, baik itu pemilu legisatif maupun pemilu presiden/wakil presiden, Polres Solok Selatan telah menggelar operasi kepolisisan secara terpusat yaitu “Operasi Mantap Brata 2009” . Pengamanan tersebut mengedepankan kegiatan premitif dan preventative yang didukung kegiatan intelejen dan kegiatan penegakan hukum, sehingga terwujud situasi Katibmas yang kondusif di wilayah Kabupaten Solok Selatan.

Dalam melaksanakan tugas pengamanan tersebut, Polres Solok Selatan berperan pada dua aspek penting, yaitu Pengamanan Kegiatan pada tahap inti pemilu dan penyidikan tindak pidana pemilu. Untuk aspek pengamanan, Polres Solok Selatan telah menyiapkan seluruh personil yang ada dan dilengkapi dengan sarana dan prasarana yang dimiliki untuk melakukan pengamanan dengan melakukan tindakan kepolisian sesuai tingkat kerawanan yang terjadi.

Pada aspek penyidikan tindak pidana pemilu, Polres Solok Selatan dan jajarannya melakukannya dengan melalui mekanisme Penegakan Hukum Terpadu (GAKKUMDU) yang senantiasa mengedepankan azas praduga tidak bersalah, serta mengimpletasikan kebijakan penegakan hokum dalam rangka menegah meluasnyakonflik, demi tegaknya supremasi hokum.

Pengalaman dalam melaksanakan pemilu sebelumnya, sering terjadi pelanggaran maupun tindak pidana pemilu serta gangguan Kamtibmas lainnya. Untuk itu, tidak tertutup kemungkinan peristiwa yang terjadi tersebut dapat memicu terjadinya situasi konflik peserta pemilu maupun konflik masyarakat dengan berbagai macam factor pemicu, yang berpotensi terjadinya aksi yang cenderung bersifat anarkis.

Oleh karena itu Jondrial, sangat berharap kesadaran seluruh masyarakat, termasuk pimpinan Parpol, kader maupun Calon Legislatif dan Pendukungnya, untuk mengutamakan kepentingan masyarakat dan Bangsa diatas kepentingan kelompok dan pribadi . Sedangkan para kontestan pemilu legislative 2009, Jondrial meminta agar selalu mentaati peraturan dan kesepakatan yang telah dibuat, mari kita wujudkan situasi kondusif sehingga para penyelenggara, pengawas serta petugas pengamanan dapat melaksanakan tugasnya secara professional, netral, transfaran dan akuntabel.

Kita sepakati dan kuatkan komitmen “Siap Kalah dan siap menang” yang dilandasi dengan niat yang bersih dan tulus untuk tetap menjunjung tinggi kepentingan umum dari pada kepentingan pribadi atau golongan. Yang menang jangan menjadi sombong, yang kalah jangan mencari-cari kesalahan yang menang. Mari kita ingat bahwa siapapun yang menang dan kalah pada dasarnya kita semua badunsanak, demikian sambutan Jondrial. Afrizal Amir

Data DPT Pemilu Solok Selatan

Daftar Pemilih Tetap (DPT) Kabupaten Solok Selatan bertambah 882 orang, dari 93.356 menjadi 94.238 DPT. Penambahan ini terjadi di enam dari tujuh Panitia Pemilu Kecamatan atau PPK yang ada di Solok Selatan, Jumlah awal DPT di Kabupaten Solok Selatan, menurut Divisi Sosialisasi KPU Kabupaten Solok Selatan, Mulyadi, AMI, dari jumlah awal 93.356 menjadi 94.238.

Dirincikan, untuk PPK Sangir dari 21.739 menjadi 22.099, sedangkan PPK Sungai Pagu jumlah DPT dari 20.613 menjadi 20.783, sementara itu data dari PPK Koto Parik Gadang Diateh jumlah DPT dari 15.209 menjadi 15.429. Untuk PPK Sangir Jujuan, jumlah DPTnya dari 7.556 menjadi 7.563. Sedangkan untuk PPK Sangir Batang Hari, Mulyadi melanjutkan, jumlah DPT dari 8.569 menjadi 8.612, PPK Pauh Duo dari jumlah DPT 10.685 menjadi 10.767. Untuk PPK Sangir Balai Janggo tidak ada penambahan, yakni 8.985. (Sumber Antara Com)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar