Sabtu, 25 April 2009

PDAM Solok Selatan Tetap Berbenah


Solok Selatan, Singgalang

Untuk memenuhi kebutuhan air masyarakat Solok Selatan, pihak PDAM Solok Selatan masih mengalami keterbatasan jaringan transmisi dan jaringan distribusi ke masing-masing pelanggan.

Data masyarakat yang baru terlayani aliran air PDAM untuk lima kecamatan dari tujuh kecamatan yang ada di Solok Selatan, per Pebruari 2009, menurut Direktur PDAM Solok Selatan Efriyon baru mencapai 4740 pelanggan atau baru 25 % penduduk yang teraliri air PDAM di Solok Selatan. Sedangkan daftar tunggu pelanggan hingga saat kini telah mencapai lebih kurang empat ribu pelanggan.

Pada dasarnya sumber air, baik air permukaan maupun mata air di Solok Selatan, menurut Efriyon cukup banyak untuk mendukung pendistribusian air kerumah-rumah masyarakat melalui pengelolaan PDAM. Hanya saja untuk investasi satu unit jaringan pendistribusian dari bak utama biayanya cukup banyak.

Sebagaimana yang sudah disusun dalam Rencana Pembangunan Jangka Menengah (RPJM) PDAM, pihaknya, kata Efriyon, telah menganggarkan dana sebesar 10 hingga 12 Milyar pertahun untuk mendukungan operasional dilapangan dan penambahan jaringan baru PDAM. Sementara ased yang baru dimiliki PDAM saat kini baru sebesar 2,2 Milyar.

Sedangkan dukungan dana yang diterima PDAM Solok Selatan saat kini (tahun 2009) baru dari Dana Alokasi Khusus (DAK), itupun jumlahnya baru 2,5 Milyar. Sehingga upaya untuk mengenjot lebih cepat terealisasinya keinginan pelanggan yang masuk daftar tunggu, pihaknya masih mengupayakan dukungan dana dari dari berbagai pihak lainnya.

Bicara masalah biaya operasional PDAM untuk menjaga jaringan distribusi dan jaringan tranmisi dari bak-bak penampungan air, serta penggantian water meter yang sudah lama, menurut Efriyon, pihaknya masih mengalami kesulitan. Namun bukan berarti PDAM Solok Selatan tidak mengupayakan dengan kemampuan yang dimiliki saat kini.405

Tidak ada komentar:

Posting Komentar